Versi Quick Count: Topik Ramadan di Facebook Menurun 54,23% Dibanding Tahun Lalu

Oleh DADAN SUTISNA

 

Seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya, menyatakan bahwa perbincangan mengenai Ramadan tahun ini (1435 H) menurun 54,23% dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu (1434 H).

 

“Banyak faktor yang memengaruhinya,” ungkapnya ketika tidak ditemui siapa-siapa di rumahnya. Ia menegaskan, munculnya angka 54,23% tersebut tak asal comot, apalagi hasil ramal-meramal. “Lembaga kami melakukan survei kecil-kecilan pada malam hari, dengan biaya dua gelas kopi dan tujuh batang rokok, semuanya ditanggung sendiri.”

 

Konon, lembaga survei yang entah ada di mana tersebut, melakukan penelitian dengan membandingkan 4.000 status Facebook yang ditulis dalam rentang tanggal 1-15 Ramadan 1434 H, serta 4.000 status yang ditulis dalam rentang tanggal 1-15 Ramadan tahun ini. Menurut sang sumber, ia menjamin akurasinya, karena semua data dikumpulkan secara random melalui pekakas Facebook query. Dengan sampel data tersebut, margin of error mencapai 2,33% dan tingkat kepercayaan 95%.

 

Ia menjelaskan, téknik yang digunakan dalam survei tersebut cukup sederhana. Ia memakai kata kunci “Ramadan, puasa, shaum, buka bersama, ngabuburit, tarawih/tarawéh, atau tadarus” pada setiap status. Dan hasilnya, pada Ramadan 1434 H, terdapat 31,21% status yang menggunakan kata kunci tersebut, sementara pada Ramadan tahun ini hanya 16,93% status. “Artinya ada penurunan sekitar 54,23%,” imbuhnya.

 

“Saya kira, penurunan tersebut karena pada Ramadan tahun ini bertepatan dengan piala dunia dan pilprés, jadi topik Ramadan agak ‘kadedetkeun’. Tetapi sekali lagi saya tegaskan, ini hanya survei kecil-kecilan. Mungkin saja ada lembaga lain yang menyatakan sebaliknya, bahwa topik Ramadan di Facebook lebih bergema daripada tahun lalu. Itu sah-sah saja sepanjang métodologinya tepat. Oleh karena itu, saya sebagai insan pencinta survei, menyerahkan penghitungan riilnya kepada masyarakat,” kata sumber yang keukeuh tak mau disebut namanya.

 

(Sumber: tidak ada tautan sumber pada tulisan ini)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>