Kategori: Almamater | Diterbitkan pada: 18-10-2007 |

sma-pasundan-7-bandung

Kampus SMA Pasundan 7 terletak di Jl. Kebonjati No. 31, Kecamatan Andir, Tlp (022) 431152, Kota Bandung. Saya diterima di sekolah ini pada 19 Juli 1993, dengan nomor induk: 9394 1062. Pada saat itu, kepala sekolahnya adalah S. Gunawan (NIP: 130 099 658). Sedangkan wali kelasnya tidak seperti di SMP, karena setiap tahun berganti. Di kelas I, walikelas saya Dra. Kurniati (NIP: 131 410 864). Di kelas II, yang menjabat sebagai wali kelas adalah Drs. Asep Mohammad Darajat (NIP: 131 686 331). Dan di kelas III, walikelasnya adalah Dra. Risna Sukreni (NIP: 131 642 503).

Seperti halnya di SMP, dalam satu tahun dibagi menjadi dua semester. Jadi, saya menjalani masa sekolah selama enam semester. Pada semester I, saya menempati ranking ke-7 dari 39 murid. Saya masih ingat kawan-kawan sekelas yang menempati 10 besar, sebab saya mengagumi mereka. Inilah daftar 10 besar kelas 1-2 pada Semester I:

  1. Shanty
  2. Wiwin Wiarsih
  3. tina Lirotina
  4. Nurohmah
  5. Leni Marlina
  6. Yeti Nuryati
  7. DGP
  8. Irni irawati
  9. Rosdiani
  10. Hadi Hadianti

Di semester III, saya harus memilih salah satu program, dari empat program yang ditawarkan (Ilmu-ilmu Fisika, Ilmu-ilmu Biologi, Ilmu-ilmu Sosial, dan Ilmu-ilmu Budaya). Saya memutuskan untuk memilih program Ilmu-ilmu Sosial. Di semester III, saya menempati ranking ke-10 dari 48 murid. Saya juga masih mengingat nama sepuluh besar ranking kelas, di antaranya:

  1. Neni Ruswati
  2. Lia Marliana
  3. Lina safitri
  4. Nia Deniawati
  5. Ririn Marina
  6. Enjang Johan
  7. Susilawati
  8. Samidah
  9. Nina Herlina
  10. DGP

Selanjutnya pada semester IV menempati ranking ke-6 dari 46 murid. Kali ini saya hanya mengingat empat besar ranking kelas, yang tentunya empat kawan saya ini merupakan murid pandai yang saya kagumi, di antaranya:

  1. Lia Marliana
  2. Neni Ruswati
  3. Lina safitri
  4. Enjang Johan

Di semester V dan VI, tidak tercantum ranking kelas. Hanya dicantumkan Indeks Prestasi (IP) dan IP Program Pilihan. Pada semester V, IP saya 7, 44, sedangkan IP Program Pilihan adalah 7, 44. Dan di semester akhir, saya mendapatkan IP: 7,97 dan IP Program pilihan: 8,0. Saya mendapat Surat Tanda Tamat Belajar (STTB), dengan jumlah nilai 85 dari 12 mata pelajaran. STTB tersebut ditandatangani oleh Bapak H.S. Gunawan pada 27 Mei 1996, dengan nomor STTB: 0492190.

Ketiga walikelas saya, Bu Kurniati, Pak Asep Mohammad Darahat, dan Bu Risna Sukreni, merupakan sosok guru dan walikelas yang selalu terkenang. Saya ingat, Bu Kurniati adalah guru yang keibuan. Beliau sangat sabar dan penuh perhatian. Bu Kurniati pernah berurai air mata ketika mengetahui saya bekerja menjadi penambang becak setiap pulang sekolah.

Pak Asep pun kebapaan. Meski bawaannya keras, tetapi dengan cara seperti itu Pak Asep bisa menanamkan kedisiplinan kepada murid-muridnya. Pak Asep adalah guru seni rupa yang luas pengetahuan dan wawasannya. Dan Ibu Risna Sukreni adalah guru yang paling mengerti dunia remaja. Beliau tidak terlalu jauh dalam menjaga jarak dengan murid-muridnya, sehingga tidak sedikit murid-murid yang suka curhat kepada Bu Risna.

Selain tiga walikelas, ada beberapa orang guru yang selalu saya ingat. Di antaranya Pak Ayi Muchlis (dulu menjabat sebagai guru BP dan pelajaran jasa, sekarang menjadi Kepala Sekolah SMA Pasundan 7 Bandung), Pak Deden (dulu menjabat sebagai pembina kesiswaan SMA Pasundan 7 Bandung, lalu menjadi Kepala Sekolah SMA Pasundan Banjaran, dan menjabat Kepala Sekolah SMA Pasundan 1 Bandung. Kini Pak Deden telah lebih dulu dipanggil Yang Maha Kuasa), Pak Cucu (guru Agama), Bu Yati (guru Bahasa Indonesia), Pak Syaeful (guru Bahasa Indonesia), Pak Usep (guru Olahraga), Bu Dini (guru Kesenian), dsb. Dari guru-guru yang selalu saya ingat, yang menjadi idola saya adalah Bu Yati. Entah karena mata pelajarannya yang saya sukai, atau cara mengajarnya yang tenang, atau mungkin juga karena wajahnya yang cantik. Yang pasti, saya selalu bersemangat kalau Bu Yati kebagian mengajar di kelas. Bu Yati sangat cocok kalau menjadi pemeran utama film “Guruku Cantik Sekali”.

Sedangkan kawan-kawan yang selalu terkenang adalah Shanty (murid yang paling cerdas di kelas, langganan ranking 1), Hani Hadianti (murid yang cerdas, meski tidak secerdas Shanty, aslinya dari Panjalu, cantik, lugu, dan pernah menjadi teman sebangku), Erik (murid yang terkenal nakal, dan pernah menjadi teman sebangku), Tina Lirotina (murid yang cerdas, saya suka pada rambutnya yang terurai panjang), Lita Sintiawati (murid yang paling nyantri, cantik, dan suka kritis kepada saya), Lia Marliana (murid yang cerdas, cantik dan lugu), Ririn Marina, Nurhasanah, Asep Hamzah, Komalasari, Susilawati, Asep Purnama, Santiyani, Osye Periningsih, Rosyani, Mega Intan Rahayu, Zenal, Erma, Tuti Hartati, Asep Candra, Herdiyanti, Welly Sofyan, Debby Cilcilia Valentine, Tri Marindah, Ernawati, Cucu, Rosyani, Yulia Rahman, Listiting, Endang, Eni Sumarni, Irawati, Devi Wulandari, Rismaida, Lisnawati, dsb.

Yang menjadi Ketua Osis saat itu adalah Agus Haedar, sedangkan ketua MPK (Majelis Perwakilan Kelas) adalah Neni Ruswati. Saya tidak bisa mengingat nama-nama pengurus Osis lainnya. Saya hanya ingat kawan-kawan saya yang aktif sebagai penggiat ekstrakulikuler. Di antaranya Wasripah (PKS), Kemal Fauzi (Paskibra), Rina (Pramuka), Jaka (PMR). Saya sendiri mencoba menggiatkan BINTALIS bersama kawan-kawan yang begitu bersahaja, seperti Sukma Rahayu, Elin Rahmaniah, dsb. BINTALIS pernah mengadakan kegiatan Pekan Bimbingan Mental Islam (PBMI) di kampus SMA Pasundan 7 Bandung. Selanjutnya pernah juga mengirim perwakilan untuk mengikuri Pekan Tadarus Islam Pasundan (PTIP) yang berlangsung di kampus SMA Pasundan 2 & 8, Jl. Cihampelas bandung. Adapun kawan-kawan yang mengikuti PTIP di antaranya Adi P, Adi T, Ahmad Maning, Iif Syipa, Mega Intan rahayu, Hani Yohana, Lita Sintiawati, Elin Rahmaniah, Yanti, dsb. Selanjutnya, ketua BINTALIS dipegang oleh Iif Syipa.

**

SMA Pasundan 7 Bandung berada di lingkungan Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah Pasundan, dengan status DISAMAKAN. SMA Pasundan 7 Bandung memiliki izin Kanwil Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat No. 479/ I.02/ KEP/ E/ 88. NSS: No. 304026004137. Meski sekolah swasta, tapi kualitasnya tidak kalah dengan sekolah negeri. Kedisiplinan dan peningkatan prestasi selalu menjadi garapan utama di SMA Pasundan 7 Bandung.***

 

 

di-dalam-kelas

Bersama kawan-kawan sekelas, dan Wali Kelas Ibu Risna Sukreni

cpd-cikole

Bersama kawan-kawan pada kegiatan CPD (Camping Pendidikan Dasar) di Cikole, Lembang.

bintalis-pas-7

Bintalis SMA Pasundan 7 Bandung

ririn-marina

Bersama sahabat Ririn Marina

pidato-oto-iskandar

Pidato Oto Iskandar Dinata dalam acara Milangkala Paguyuban Pasundan, dengan sutradara Wahyu Wibisana

inohong-paguyuban-pasundan

Bersama para inohong Paguyuban Pasundan

nova

 Bersama adik kelas Nova

CPD SMA Pasundan 7 Bandung, 1994