Dur Panjak!

ADA banyak cara untuk merajut hidup. Terkadang cara yang ditempuh saat ini, sama sekali tidak pernah terpikir sebelumnya. Semua berjalan atau berlari menghiasi titian hari demi hari. Namun, tidak ada yang lebih indah dan bermakna dalam hidup ini, kecuali menikmati dan mensyukuri segala apa yang telah diberikan Tuhan YME. Betapa indahnya hidup ini. Betapa sempurna semua yang telah diciptakan-Nya.

Menulis telah menjadi sebuah pilihan yang sangat dicintai untuk merajut hidup dan menggapai mimpi. Web site pribadi ini pun dibangun dengan penuh rasa cinta. Oleh karena itu, mudah-mudahan tidak terjebak untuk sekedar pasang aksi atau pamer karya-karya basi dan tidak berarti. Website ini adalah gudang dokumentasi semacam curhat dan karya-karya pribadi yang sangat berarti untuk diri sendiri. Di samping itu, siapa pun dipersilahkan untuk menikmati, memuji atau mencaci-maki dengan itikad baik. Itu pasti, karena karya-karya saya di website ini, baik yang fiksi atau non-fiksi, masih sangat jauh dari sempurna. Artinya, dalam hal kebaikan, caci-maki pun bisa sangat berarti. Dan sudah disadari sejak awal: untuk selalu hati-hati dengan pujian. Tidak ada yang berhak atas segala puji, kecuali Tuhan YME.

Terlepas dari pujian dan cacian, website ini dibangun dengan berjuta harapan. Namun harapan terbesar adalah untuk mencari dan menambah sahabat yang lebih dari erat. Mari kita menjalin persahabatan dengan tulus dan bergembira, tanpa harus mempersoalkan perbedaan agama, suku, bahasa, dan sebangsanya. Semakin banyak sahabat, kian terasa indah hidup ini.

Selain buah tulisan sendiri, di website ini pun tersedia ruang untuk semua kawan-kawan yang suka menulis. Karya fiksi dan non fiksi karya siapapun sangat terbuka selebar-lebarnya. Kawan yang dimaksud, tidak sebatas orang-orang yang sudah berkenalan secara langsung atau tidak langsung. Kawan di sini adalah semua orang di dunia maya, yang memandang sesama manusia sebagai sahabat, atau sekurang-kurangnya tidak sebagai musuh. Insya Alloh, setiap mata ini memandang, menoleh, melirik, atau menatap seseorang, lubuk hati selalu berusaha untuk mengawali dengan menganggapnya sebagai kawan.

Karya kawan-kawan yang ditampilkan bisa melalui tiga proses, yang ketiga-tiganya sama istimewa.

Pertama, ada yang langsung dipilih, baik dari media massa cetak maupun di internet. Saya sangat menghargai karya orang lain, sehingga setiap tulisan yang ditampilkan di website ini, akan selalu mencantumkan NAMA penulisnya. Selain itu, saya pun akan selalu mencantumkan nama media yang telah lebih dulu memuat karya tersebut. Terkadang saya kesulitan mencari tahu tanggal pemuatannya. Namun saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan informasinya. Jika waktu pemuatannya tidak dapat saya lacak, maka saya hanya akan mencantumkan nama medianya saja.  

Kedua, ada yang diminta secara lisan atau tulisan untuk mengirimkan karyanya, sekaligus meminta izin untuk ditampilkan dalam website ini.

Ketiga, kawan-kawan yang berinisiatif mengirimkan karyanya melalui e-mail: dhipagaluh@yahoo.com. atau  senisunda@yahoo.com, atau bujanggamaya@yahoo.com, atau dhipagaluh@gmail.com. Tentu saja dalam kategori proses seperti ini, tidak perlu meminta izin untuk ditampilkan. Jangan lupa untuk memberikan keterangan pada tulisan yang dikirim: jika sudah dimuat di media lain, tolong tuliskan medianya dan waktu pemuatannya (kalau tanggal pemuatannya lupa, tuliskan saja lupa, karena lupa pun merupakan sebagian dari ciri manusia); dan jika belum pernah dimuat di media manapun, silahkan ungkapkan dengan apa adanya. Namun, saya tetap berhak mengedit atau bahkan mengembalikan karya kawan-kawan, yang dianggap tidak layak untuk dihadirkan di website ini.

Sekali lagi, tiga proses yang dijelaskan di atas, semuanya dianggap sama istimewa.

Sebagai catatan penting, hak cipta karya-karya yang ditampilkan di website ini tetap dipegang sepenuhnya oleh penulis atau pengarangnya. Bagi kawan-kawan yang berkunjung dan memerlukan referensi tulisan dari website ini, silahkan untuk mengutip tetapi jangan lupa menuliskan sumber kutipannya. Namun jika ada yang tertarik untuk menerbitkan karya-karya dalam website ini berupa buku atau apapun, harap terlebih dulu menghubungi saya, dan saya akan menghubungkan dengan penulis yang bersangkutan.

Akhir kata, mohon ma’lum adanya, baik bagi kawan-kawan yang tulisannya dipublikasikan di website ini, maaf beribu kata maaf karena saat ini belum bisa menyediakan honorarium. Insya Alloh, kalau besok atau lusa saya sudah kaya raya, pasti ada honorarium. Oleh karena itu, hanya satu yang saya minta dari kawan-kawan penulis dan pengunjung, mohon do’a restunya agar website ini berjaya di dunia maya, Amiiin.

Mari berkarya dan bersahabat!

Ranggon Panyileukan, September 2007

Salam Hangat Selamanya

Dhipa Galuh Purba

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>