Keindahan Situ Bagendit di Balik Legenda Nyai Endit

Catatan TIM SURVEY BAPPEDA Propinsi Jawa Barat

Sebagai manusia yang umunya hidup dalam keseharin di darat, tentunya sekali-kali ingin merasakan sensasi di atas air. Maka berlayar di Situ kerap menjadi pilihan. Salahsatunya wisata air yang ditawarkan Situ Bagendit,  di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. Situ Bagendit merupakan salahsatu objek wisata alam di Garut berupa danau yang memiliki keindahan pemandangan di sekitarnya. Para pengunjug bisa naik perahu rakit, dengan sewa yang relatif terjangkau.

Dengan harga tiket yang murah-meruah, Situ Bagendit kerap menjadi tujuan wisata para pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum. Pada hari-hari besar dan hari libur, biasanya Situ Bagendit dipadati pengunjung. Namun pada hari-hari biasa, menurut , petugas di Situ Bagendit, rata-rata jumlah pengunjung hanya 200 orang/ minggu.

Lokasi Wisata Situ Bagendit Garut

Situ Bagendit hanya mengandalkan pasokan air dari air hujan, ditambah dengan selokan kecil. Dengan begitu, pada musim kemarau biasanya terjadi pendangkalan. Meski begitu, air di Situ Bagendit tidak pernah kering meski dilanda kemarau panjang.

Situ Bagendit  diuntungkan oleh sebuah cerita lehenda yang begitu dikenal di masyarakat luas, yakni Legenda Nyai Endit. Ia adalah seorang tokoh janda kaya raya yang dikenal sangat pedit (kikir). Mungkin dari sifatnya yang pedit itu kemudian ia dikenal dengan nama ”Endit”. Meski sudah kaya raya, Nyai Endit sangat serakah. Ia tidak pernah mau berbagi dengan tetangganya. Sampai pada suatu hari, seorang kakek datang menemui Nyai Endit. Kakek itu sangat kehausan, dan meminta segelas air. Sungguh terlalu Nyai Endit, untuk sekadar segelas air pun ia tidak mau memberikan. Akhirnya sang kakek menancapkan tongkat di halaman rumah Nyai Endit. Lalu mencabutnya kembali. Tiba-tiba dari lubang bekas tancapan tongkat, menyemburlah air tanpa hentinya. Air itu terus menyembur sampai akhirnya rumah Nyai Endit beserta seluruh harta kekayaannya terendam. Nyai Endit hanyut dan tenggelam bersama dengan ketamakannya.

Pintu Masuk Lokasi Wisata Situ Bagendit Garut

Itulah legenda Situ Bagendit yang menyimpan pesan moral begitu dalam. Para orang tua bisa mendongeng cerita Nyai Endit kepada anak-anaknya sambil naik perahu rakit di Situ Bagendit.

Melihat potensi alamnya yang begitu menawan, sebenarnya kunjungan wisata ke Situ Bagendit bisa lebih meningkat lagi jika penataan lokasinya dibenahi lagi menjadi lebih asri. Selain itu, tersedianya beraneka ragam sarana permainanuntuk anak-anak pun sangat penting untuk mendapat perhatian khusus.***

Tim Survey Penyusun Kebijakan Pemanfaatan Potensi Budaya Lokal dan Bentang Alam bagi Pengembangan Destinasi Ekowisata Jabar & Ekonomi Kreatif Tahun 2013

Leave a Comment