Kawah Darajat Bisa Meningkatkan Atau Menurunkan Derajat Garut

Catatan TIM SURVEY BAPPEDA Propinsi Jawa Barat

 

Kawah Darajat terletak di Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. Kawah tersebut memiliki daya tarik berupa kawah penghasil uap panas bumi dan keindahan pemandangan alam berupa pegunungan dan hamparan perkebunan. Uap tersebut selanjutnya dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap, yang dikelola oleh  PT. Chevron Geothermal Indonesia, Ltd. Maka dari itu, setiap para pengunjung yang ingin menyaksikan lebih dekat Kawah Darajat, harus mendapatkan izin dari PT. Chevron, dengan tanpa terkecuali. Tim Survei yang dilengkapi surat jalan dan didampingi oleh pejabat Disbudpar Kabupaten Garut, tidak bisa masuk ke lokasi Kawah Darajat.

Di pintu jalan menuju Kawah Darajat, tim survei dihadang oleh petugas pos penjagaan, dan tidak diizinkan melintas kecuali mendapat izin dari pos penjagaan pusat. Maka Tim Survei pun menuju ke pos penjagaan pusat di bangunan area eksploitasi uap panas bumi. Tiba di pos penjagaan lapis satu, mobil tim survei dihadang oleh enam orang petugas. Tanpa basa-basi mereka membuka seluruh pintu mobil, sambil menanyakan maksud kedatangan Tim Survei. Mereka sangat tidak bersahabat, dan menganggap Tim Survei sebagai musuh yang perlu diwaspadai. Padahal mobil yang ditumpangi Tim Survei melaju pelan-pelan, dan sudah membuka kaca jendela. Sepertinya terlalu berlebihan ketika semua pintu mobil harus dibuka oleh petugas, dengan sikap yang sangat tidak bersahabat.

Alo Hermawan, Kasub Perencanaan Disbudpar Kabupaten Garut, harus menunggu lebih dari 15 menit untuk mendapatkan izin masuk ke Kawah Darajat. Masalahnya Komandan Keamanan sedang tidak berada di tempat, dan anak buahnya tidak bisa membuat keputusan. Akhirnya Tim Survei mengurungkan niat untuk meninjau langsung Kawasan Kawah Darajat. Sebab, tidak mungkin Tim Survei harus menunggu lebih lama lagi untuk sekadar minta izin memasuki Kawas Darajat. Perangkat pemerintah, dalam hal ini, Disbudpar Kabupaten Garut, tampak tidak berdaya menghadapi proteksi PT. Chevron. Padahal, jelas Kawasan Darajat secara administratif berada di bawah pemerintahan Kabupaten Garut. Dengan adanya sikap arogan seperti itu, tentunya bisa menurunkan darajat pemerintah Kabupaten Garut.

Tempat wisata di kawasan Darajat, Garut

Tim Survey hanya mengunjungi beberapa lokasi wisata alam yang dikelola oleh swasta, yang memanfaatkan semburan air panas dari perut bumi Darajat. Pemandian air panas menjadi primadona di setiap lokasi wisata. Bukan hanya itu, waterboom dan berbagai arena permainan anak-anak pun menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari lokasi wisata di sekitar Kawah Darajat.***

Tim Survey Penyusun Kebijakan Pemanfaatan Potensi Budaya Lokal dan Bentang Alam bagi Pengembangan Destinasi Ekowisata Jabar & Ekonomi Kreatif Tahun 2013


Leave a Comment